Pemilihan motor dan kaitannya dengan gear set dan ban pada Tamiya Mini 4WD



Halo, ketemu lagi di basic knowledge mini4wd. Kali ini saya akan coba menjelaskan tentang pemilihan motor dan kaitannya dengan gear set dan ban. Mungkin akan terdengar sedikit rumit, tapi mari kita belajar.



(Postingan cukup panjang, mohon maaf bila ada yg terganggu)
Sebelumnya saya pernah menjelaskan bahwa secara garis besar motor dibagi menjadi high rev motor, high torque motor dan balanced motor; saya juga pernah menjelaskan perihal gear ratio dan ukuran wheel-tire. Buat yang belum melihat artikel saya sebelumnya, bisa cek link berikut:

https://m.facebook.com/groups/1419657744971091?view=permalink&id=1678768522393344
https://m.facebook.com/groups/1419657744971091?view=permalink&id=1681800795423450
High rev motor umumnya cocok dengan wheel-tire berukuran kecil atau kategori small diameter
(berikutnya akan saya sebut small dia tire)
High torque motor punya tenaga besar, sehingga dia cocok digunakan untuk ban berdiameter besar
(berikutnya saya sebut large dia tire)
Sedangkan balanced motor, cocok untuk medium tire.
High rev motor sangat baik di trek yg banyak jalur lurus, rotasi yang banyak akan menambah kecepatan di jalur lurus. Namun bila bertemu tikungan-tikungan kecepatan akan turun karena torsinya lemah.

Sebaliknya high torque motor punya tenaga baik, lajunya akan kuat di tikungan2 karena tenaga yang tinggi, akan tetapi penambahan kecepatannya di jalur lurus tidak seperti high rev motor yang akan semakin kencang di jalur lurus terus menerus.
Mengenai gear secara singkat:
Perbandingan 5:1 punya power tinggi, top speed rendah.
Perbandingan 3.5:1 punya top speed tinggi, power rendah.

Power tinggi bisa dikaitkan dengan akselerasi yg baik yang artinya dari kecepatan 0 ke maximal bisa dicapai dalam waktu singkat.

Top speed tinggi bisa dikaitkan dengan kecepatan maksimal yg baik. Namun butuh waktu yg lebih lama dibanding dengan gear power karena butuh jalur lurus lebih banyak untuk mencapai kecepatan maksimal.

Sekarang mari kita coba kaitkan ketiganya.
Contoh:
1. Torque tuned motor - gear 3.5 - large dia tire
Torque tuned punya power baik untuk menutupi kelemahan power di gear 3.5. Gear 3.5 punya top speed yg baik. Dan ban large meskipun tidak cocok dengan gear 3.5, tapi masih mendapat power dari torque tuned untuk bergerak dengan tenaga yg cukup.
Kombinasi ini bisa dipakai di trek yg umumnya ada bagian lurus lumayan banyak dan beberapa belokan yang tidak terlalu ekstrim. Namun bila terasa akselerasinya kurang baik, gunakan ban dengan ukuran medium (ingat, semakin kecil ban akselerasi makin baik)

2. Rev tuned-gear 3.5-large dia tire
Kira-kira apa yg tjd dengan kombinasi ini?
Bila kalian cek di speed checker, kemungkinan angka yg muncul akan tinggi. Karena di speed checker tidak ada tikungan. Nah, kita bahas perlahan.
Rev tuned: akselerasi buruk, top speed baik.
gear 3.5 : akselerasi buruk, top speed baik.
Large dia tire : akselerasi buruk, top speed baik.
Yg akan terjadi adalah saat turun di trek, mobil ini terkesan lambat. Karena di setiap tikungan, setting ini kehilangan kecepatan dikarenakan akselerasi yg buruk. Dan untuk mencapai top speednya, butuh waktu yg lamaaa krn butuh trek lurus terus menerus. Apa yg bisa diperbaiki? Ganti ban dengan ukuran small dia, ganti gear set yang memiliki akselerasi lebih baik.

3. Torque tuned - gear 5.1 - small dia tire
Kita bahas kembali konsepnya:
Torque tuned : power baik, top speed buruk.
Gear 5:1 : power baik, top speed buruk
Small dia tire: power baik, top speed buruk.
Contoh kombinasi ini kebalikan dengan nomor 2. Kombinasi ini penuh power tapi lemah di top speed. Untuk trek ekstrim misalnya seluruhnya belokan, tanjakan tanpa jalur lurus, mungkin ini kombinasi yg tepat. Tapi bila kategori speed technical, kombinasi ini akan tertinggal juga dikarenakan top speednya tidak baik.

Nah,contoh terakhir...
Ultra dash - gear 5:1 - small dia tire..
Familiar kah dengan kombinasi ini?
Saya sendiri pernah menggunakan kombinasi ini. Hasilnya, cocok di rata-rata trek yang saya mainkan. Saya coba jelaskan konsepnya:
Ultra dash: very high rev motor (top class in single shaft motor), dan walaupun power atau torsinya tidak setinggi plasma tetap punya power yg cukup baik bila dibandingkan motor2 di bawahnya.
Gear 5:1 : power besar, top speed buruk.
Small dia tire: akselerasi baik, top speed buruk.
Tingginya putaran (rev) dari ultra dash, membuat mesin bergerak dengan cepat dan penuh tenaga dari gear 5:1 dan small dia tire. Bahkan saat saya menggunakan medium tire, larinya juga masih oke. Trek yang sy temukan selama ini kategorinya speed-tech.

Gimana para racer? Kira-kira mulai mendapatkan konsepnya?
Saya tetap mengingatkan bahwa yg saya jelaskan ada sebuah konsep dasar dan tidak ada yg mutlak dari sebuah kombinasi atau setting sebuah mobil. Selain itu yg saya bahas ini hanya dari segi motor-gear set- wheel tire, sedangkan banyak sekali faktor yg mempengaruhi laju sebuah mobil di trek baik dari keseimbangannya, penggunaan rem, damper, roller, posisi ketinggian roller, berat keseluruhan mobil, track layout, dll. Dan jangan lupa, yang kenal mobil kalian adalah kalian sendiri. Kalau kalian bisa mengolah kombinasi yang dianggap tidak baik menjadi baik di mobil kalian pada sebuah track layout, tidak ada salahnya juga digunakan bila memang sesuai. Hehehe.
Mudah-mudahan postingan ini membantu teman-teman supaya makin ketagihan bermain mini4wd dan semakin mau belajar. Kalau misalnya ada kesalahan mohon para suhu bisa memberikan koreksi.

Terima kasih. Banzai mini yonku!
Note: berikut beberapa link dari instagram saya, siapa tau bisa memberikan gambaran. Saya biasa post nama motor dan gear yg digunakan (maaf kalau ada yg kelupaan ya). Bila ada yg mau ditanyakan, jangan malu-malu.
https://www.instagram.com/p/BDgFKiYkJBV/
https://www.instagram.com/p/BDbGYVdkJEG/
https://www.instagram.com/p/BA4gff0EJGJ/
https://www.instagram.com/p/9tpfpskJFA/
https://www.instagram.com/p/9rG3hZEJJ1/
https://www.instagram.com/p/9rHIvzkJKd/


SUMBER : Roscoe