Mass Damper Tamiya Mini 4wd



Zona Mass Damper
Halo, ketemu lagi di mini 4wd basic knowledge. Mumpung lg liburan, kita belajar lagi yuk.
Hari ini yang akan saya bahas hanya hal simple saja yaitu mengenai penempatan mass damper. Sekedar untuk mengingatkan teman-teman racer sekalian agar tidak melanggar aturan.



Selama browsing di fb saya masih menemukan beberapa racer yang menempatkan mass dampernya keluar dari zona mass damper. Well, sebenarnya saya sendiri tidak mengetahui istilah yang sesungguhnya dipakai untuk menggambarkan daerah dimana mass damper boleh diletakkan, jadi saya sebut saja Zona Mass Damper atau saya pernah mendengar Rotating Damper Zone.



Peraturan resmi tamiya mengharuskan penempatan mass damper berada di dalam zona yang dibentuk dengan cara menarik garis lurus dari titik tengah roller belakang ke titik tengah roller depan. Jadi sisi paling luar dari mass damper yang diletakkan tidak boleh melewati batas tersebut.




Di foto ini mobil saya menggunakan roller 19mm di sisi belakang dan roller 13mm di sisi depan.
Dapat dilihat semakin ke arah depan zonanya semakin melebar. Bila saya mengganti roller belakang dengan ukuran lebih kecil seperti 13mm atau 9mm, maka otomatis zona aman nya akan semakin lebih besar. Masalah yg sering muncul adalah bila racer menggunakan roller 19mm di posisi depan dan belakang. Karena otomatis zona damper tersebut menjadi sempit, dan ini yang seringkali terjadi dimana racer keliru menempatkan damper sehingga melewati zona tersebut.

Jadi jangan lupa untuk meletakkan damper pada tempat yang sesuai ya.
Banzai mini yonku!

SUMBER : Roscoe

Comments