Gear Ratio (Perbandingan Gear) Tamiya Mini 4WD




Question :




Racer A: Om, gw baru mulai main nih. Pake gear mana yg biar kebut ya?
Racer B: Udah pasti pake Super Speed Gear (3.5:1) dong, dari namanya aja udah ketahuan. Paling kenceng ini.
Racer C: Pake Normal gear (5:1) aja om! Powernya mantep bener dah. Kalo lagi tikungan kagak ada yg ngalahin.
Racer A: jadi gundah om... 😐

Nah, yang barusan itu mungkin pernah ditemukan kalo para racer lg ngumpul2, sharing dan minta saran sama temen2. Sekali lg, tidak ada yang mutlak dalam perihal setting dunia mini4wd. Hanya saja, ada konsep dasar pada setiap settingan.

Di kesempatan kali ini saya akan coba menjelaskan mengenai Gear Ratio. Pada seri klasik (mobil-mobil yang menggunakan single shaft motor) ada 5 kombinasi gear ratio yang dapat digunakan seperti yg terlihat pada gambar.

Bila kalian menggunakan gear 3.5:1 maka kalian akan mendapatkan top speed yang tinggi, sedangkan kombinasi gear tersebut memiliki power paling rendah. Sebaliknya, bila kalian menggunakan gear 5:1 maka kalian akan mendapatkan power terbaik, sedangkan top speednya akan turun.

Jadi bila bicara soal topspeed, urutan gear dengan topspeed paling baik hingga ke paling buruk adalah: 3.5:1 , 3.7:1 , 4:1 , 4.2:1 , 5:1

Sedangkan bila mengutamakan power, maka urutan gear dengan power paling baik hingga ke paling buruk adalah: 5:1 , 4.2:1 , 4:1 , 3.7:1 , 3.5:1.

Semua gear ratio memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan tentunya gear ratio yg kalian gunakan harus disesuaikan dengan tipe track yang kalian hadapi. Pada umumnya track dengan banyak lompatan, naik turun membutuhkan gear ratio dengan power besar. Sedangkan gear ratio dengan topspeed tinggi lebih unggul di track yang banyak jalur lurusnya.

Yang baru saja saya sampaikan hanyalah sebuah konsep dasar. Pada kenyataannya racer berpengalaman bisa saja menggunakan gear 3.5:1 untuk track technical yang banyak naik turun karena misalnya ingin menurunkan kecepatan saat di salah satu bagian track. Cobalah berbagai kombinasi gear ratio di mobil kalian, dengan begitu kalian bisa melihat perbedaan laju dari masing2 gear ratio. Tapi jangan lupa, hanya 5 jenis gear ratio ini saja yang boleh digunakan pada pertandingan resmi mini4wd yang menggunakan aturan Japan Cup sebagai dasar. Selamat mencoba!

Note: sebutan2 untuk gear ratio
5:1 Normal gear
4.2:1 Speed Gear
4:1 High Speed Gear
3.7:1High Speed Ex Gear
3.5:1 Super Speed gear (chosoku gear bila kalian mungkin sering dengar di video2 youtube)
Mohon koreksi dari kawan-kawan dan para suhu apabila ada info yang keliru. Terima kasih.
SUMBER : Roscoe

Comments

Post a Comment