Body (Kap) Mini 4WD


kit secara umum dan body dengan bahan polycarbonate (selanjutnya disebut polyca body). Dulu tamiya pernah mengeluarkan body yang bertuliskan "clear set body", hanya saja saya tidak mengetahui material apa yang digunakan pada saat itu. Karena sy baru mulai mengenal dan mempelajari mini 4wd ini kira-kira 1 tahun terakhir. 😄





Perbedaan yang mencolok dari keduanya adalah perihal berat. Body ABS memiliki berat yg lebih tinggi dibandingkan dengan polyca body. Body ABS juga lebih kaku, padat dan keras dibandingkan dengan polyca body yg lebih lunak dan elastis. Meskipun begitu polyca body bisa sobek / pecah apabila terkena benturan. Sama hal nya dengan body ABS, meskipun lebih kuat bukan berarti tidak dapat pecah.

Jadi lebih baik pake polyca body dong om? Kan enteng, supaya bisa kebuttt!...
Jawabannya: bergantung pada preferensi anda. Mini 4wd memikiki variasi setting yang luar biasa luas. Setting yang digunakan pada pengguna polyca body belum tentu dapat diterapkan pada pengguna body ABS dan begitu juga sebaliknya. Body hanya salah satu bagian dari sebuah mobil mini 4wd dan masih banyak bagian lain yang menentukan kecepatan dan cara sebuah mobil melaju di track.

Variasi dari body ABS lebih banyak dibanding dengan variasi polyca body karena umumnya setiap pembelian kit disertai dengan sebuah body ABS. Bagi penggemar polyca body, saat ini juga sudah semakin banyak kit yang mendapatkan langsung polyca body seperti Super Avante Yellow Special (VS chassis), Aero Avante Clear Purple Special (AR chassis), TRF junior (MS chassis), Avante MK II Pink Special (MS chassis) dan masih banyak lagi.

Buat yang baru mulai main, nggak usah kuatir atau minder kalau lihat para senior pakai polyca body dengan cat luar biasa keren sedangkan kalian pakai body bawaan kit dengan stiker standard. Belajar untuk menggunakan apa yang kalian punya dulu saat ini kemudian pelan-pelan pelajari dan kembangkan.

Dengan begitu kalian bisa mengetahui hasil dari setiap perubahan yang kalian lakukan.
Nggak usah malu-malu ikut race, bertanya, bereksperimen dengan setting yang berbeda baik dari eksperimen mengolah body, setting mobil, roller, dll. Yang penting happy!

SUMBER : Roscoe

Comments