STO (Standar Tamiya Original) dan perbedaan ditiap kelas


Setelah kemarin kita membahas perbedaan dari kelas STB dan STB Plus maka kali ini kita akan membahas kelas STO atau Standar Tamiya Original.



Kelas STO yang beredar saat ini adalah STO 50%, STO 75%, dan STO 100%

1. STO 50%
Pada kelas ini mesin, chassis, dan gear box harus memakai brand Tamiya. Tapi ada beberapa bagian part yang boleh dimodifikasi tanpa harus menggunakan brand tamiya akan tetapi bentuknya tetap harus memacu pada bentuk dari part Tamiya, misalnya roller, bumper, mur, baut, spacer, penutup ujung baut atau stabilizer, rem atau brake, pemberat atau damper, gear set dan pinion.



2. STO 75%
Pada kelas ini sudah diperbolehkan memodifikasi chassis, mengupgrade velg dan ban, bumper, seperti memotong atau dilubangi dan dipasang double. Tapi harus tetap menggunakan part original Tamiya. boleh gunain roller plastik atau karet, mesin boleh dilubangin dibagian head untuk break'in dinamo / motor tetapi tidak boleh dibongkar. Part Original Tamiya yang digunakan harus 75%-90%.



3. STO 100%
Pada kelas ini part yang digunakan adalah part original tamiya semua 100%, diperbolehkan untuk memotong chassis, body asal masih terlihat bentukk aslinya dan bumper, dibolehkan untuk memakai lem cair atau tamiya cement untuk memperkuat chassis. STO 100 ini atau yang sekarang sering di sebut TOS (Tamiya Original Seratus) adalah kelas yang bergengsi dan bisa menjadi pembelajaran bila kita memimpikan bermain di jepang dikarenakan disana part yang digunakan adalah semua menggunakan part original tamiya. Jika pemula recomend dari saya agar bisa langsung RTR (Ready To Race) bisa membeli kit Progress, kit EVO dan Staterpack.


Comments

Post a Comment